Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanasta Inuhu: Arti, Makna, dan Keutamaannya

Salah satu kalimat yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari adalah “Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanasta Inuhu”. Kalimat ini biasanya diucapkan ketika seseorang meraih suatu kesuksesan atau merasa bersyukur atas nikmat yang diperoleh. Namun, tahukah kita apa arti dan makna dari kalimat ini?

Arti dan Makna

Kalimat “Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanasta Inuhu” berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari tiga kata, yaitu “innalhamd”, “nahmaduhu”, dan “wanasta inuhu”. Secara harfiah, kalimat ini dapat diartikan sebagai “Sesungguhnya segala puji hanya untuk Allah, kami memuji-Nya dan memohon pertolongan-Nya”.

Bacaan Lainnya

Lebih dalam lagi, makna dari kalimat ini adalah ungkapan rasa syukur dan pengakuan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita adalah atas kehendak Allah SWT. Kita sebagai hamba-Nya hanya bisa memuji dan bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan-Nya.

Keutamaan

Ucapan “Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanasta Inuhu” memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mengucapkan ‘Alhamdulillah’ sebanyak biji-bijian yang ada di bumi, niscaya Allah akan memberikan kepadanya sesuatu yang lebih baik dari itu.”

Selain itu, ucapan ini juga dapat menjadi bentuk ibadah kepada Allah SWT. Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu memiliki zakatnya, dan zakat untuk ucapan ‘Alhamdulillah’ adalah memuji Allah SWT sebanyak-banyaknya.”

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebaiknya selalu mengucapkan “Innalhamdalillah Nahmaduhu Wanasta Inuhu” sebagai bentuk syukur dan pengakuan atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan mengucapkannya secara tulus dan ikhlas, kita juga dapat meraih keutamaan dan pahala dari-Nya.

Pos terkait