3 Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka di PC

Masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows 10 adalah tidak bisa membuka file pdf di komputer mereka. Dan masalah ini disebut sebagai induk dari semua permasalahan tidak bisanya dibuka pdf pada sistem operasi tersebut.

Jika Anda tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga bisa membuka file pdf dengan bantuan browser Microsoft Edge yang biasanya sudah menjadi browser default dari sistem operasi Windows 10 terbaru.

Kebanyakan pengguna pasti menggunakan Adobe PDF Reader untuk membuka file pdf. Aplikasi ini sering error dan tidak berjalan dengan baik di Windows 10, jika kalian cek pada bagian task manager pasti kalian akan menemukan bahwa aplikasi ini hanya berjalan dibagian belakang layar saja.

Akan tetapi tidak etis rasanya bila kita langsung menyalahkan aplikasi tersebut, karea ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan file pdf tidak bisa dibuka di Adobe Reader seperti berikut ini:

  • File PDF rusak (Corrupt)
  • File PDF terkena virus
  • PDF dibuat menggunakan program non-Adobe
  • Aplikasi Adobe PDF Reader rusak
  • Adobe PDF Reader sudah usang (out of date)

Banyak yang menyarankan untuk melakukan setting pada aplikasi adobe pdf reader, akan tetapi bagaimana jika aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan di komputer kita?

Sebelum melakukan setting sebaiknya kita perlu membuka aplikasi Eula (license agreement) terlebih dahulu, untuk lebih lengkapnya silahkan Anda simak langkah-langkah dibawah.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Cara Membuka Aplikasi Eula

  1. Buka File Explorer di pc Anda atau bisa dengan menekan tombol Windows+E secara bersamaan.
  2. Buka Lokal Disk C => Program Files (x86) => Acrobat Reader DC => Reader.
  3. Cari file aplikasi yang bernama Eula lalu klik dua kali.
  4. Jika sudah di klik nanti akan muncul tampilan Distribution License Agreement dan silahkan tekan Accept.

Keterangan: Program Files (x86) merupakan lokasi aplikasi terinstal khusu untuk aplikasi 32 bit, jika aplikasi yang Anda insall adalah 64 bit silahkan masuk ke Disk C => Program Files => Acrobat Reader DC => Reader.

1. Mengubah Pengaturan / Setting Adobe Reader

Buka aplikasi Adobe PDF Reader di komputer Anda, atau jika tidak ditemukan silahkan ketik dipencarian dengan kata kunci “Adobe”, jika sudah terbuka silahkan pilih menu Edit.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Pada menu Edit tadi silahkan gulir kebawah hingga melihat menu “Preferences” silahkan Anda klik.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Jendela baru akan terbuka, disini terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih. Langsung saja kita pilih “Security (Enhanced)“.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Pada bagian menu Sandbox Protections hapus centang pada “Enable Protected Mode at Startup“.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Dengan cara diatas seharusnya sekarang Anda sudah bisa membuka file pdf yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Karena banyak yang sudah melakukan cara diatas dan hasilnya memang berhasil.

Namun jika dengan cara diatas masih tidak bisa juga, silahkan kalian coba dengan cara yang lain dibawah ini.

2. Update Aplikasi Adobe Reader

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa aplikasi yang sudah usang juga bisa menjadi penyebab kenapa pdf tidak bisa dibuka. Hal ini bisa disebabkan karena bisa saja file pdf yang Anda ingin buka dibuat dengan program Adobe terbaru, sehingga saat Anda membukanya dengan program Adobe versi lama, akibatnya tidak akan kompatibel.

Itulah mengapa pihak adobe selalu memberikan update terhadap penggunanya, agar mereka bisa memanfaatkannya dengan baik. Terlebih lagi pada setiap update yang diberikan tentu mereka sudah melakukan perbaikan dari versi sebelumnya agar lebih baik lagi untuk digunakan.

Untuk mengupdate adobe reader tidaklah susah, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Adobe Reader atau Acrobat.
  2. Pilih menu Help, lalu pilih Check for Updates dan tunggu beberapa saat.Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka
  3. Jika muncul pesan tersedia versi terbaru dari aplikasi tersebut atau “Update is available” maka langsung tekan saja Download untuk memulai pembaruan secara online.

Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Jika proses pembaruan sudah selesai dan versi terbaru sudah terinstal di komputer Anda, silahkan lakukan restart PC.

3. Menggunakan Aplikasi Alternatif

Jika Anda sudah melakukan kedua hal diatas namun masih belum bisa menyelesaikan masalah, berarti ada kemungkinan bahwa program Adobe Reader yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan.

Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi pembuka pdf selain adobe reader. Ada banyak sekali, misalnya seperti dibawah ini:

  • Foxit PDF Reader
  • Nitro Reader
  • SumatraPDF

Namun jika Anda menemukan masalah yang berbeda dengan pembahasan diatas dalam hal tidak bisa membuka file pdf, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dan mari kita diskusikan bersama-sama agar bisa menemukan solusi terbaik.

 

 

Tinggalkan komentar