Prospek Kerja Manajemen
Karir

Prospek Kerja Manajemen, Kualifikasi, dan Kisaran Gajinya

Prospek atau peluang kerja biasanya menjadi salah satu pertimbangan para lulusan SMA ketika memilih jurusan kuliah. Setiap jurusan memiliki prospek yang berbeda-beda. Apabila Anda ingin memperoleh prospek kerja yang baik, jurusan Manajemen dapat menjadi pilihan alternatif. Ada berbagai prospek kerja manajemen yang dapat Anda peroleh dari jurusan kuliah ini. Selain itu, gajinya juga lumayan.

Seperti Apa Prospek Kerja Manajemen?

Banyak orang menganggap bahwa peluang kerja manajemen itu sangat baik. Pendapat ini diungkapkan bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang membuat jurusan manajemen memiliki peluang kerja yang menggiurkan.

Jurusan Manajemen Memiliki Banyak Peminatan

Apabila Anda menjalani perkuliahan di jurusan Manajemen, Anda akan memiliki banyak pilihan peminatan di semester akhir. Peminatan tersebut adalah:

  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Bisnis
  • Manajemen Perbankan
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan

Dengan semua pilihan peminatan tersebut, mahasiswa jurusan manajemen memiliki kesempatan untuk memiliki karir yang beragam dan sesuai dengan passion mereka.

Selain itu, peminatan tersebut juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk bekerja di berbagai bidang profesi. Itulah mengapa jurusan Manajemen memberi peluang kerja yang lebih luas dibanding jurusan lain.

Setiap Perusahaan/Organisasi Membutuhkan Lulusan Manajemen di Tiap Bagian

Salah satu hal yang membuat jurusan ini memiliki prospek kerja yang baik adalah fakta bahwa setiap organisasi maupun perusahaan memerlukan lulusan manajemen di tiap bagian atau divisinya.

Selain untuk dijadikan manajer, lulusan manajemen juga ditempatkan pada jenjang karir yang lebih rendah. Nantinya, mereka akan memperoleh peningkatan jenjang karir. Sehingga, gaji dan kedudukan mereka akan semakin tinggi.

Gaji Relatif Besar

Hal lain yang membuat peluang karir manajemen cukup baik adalah gaji yang ditawarkan. Dengan ijazah manajemen, Anda dapat memperoleh gaji yang cukup untuk membiayai hidup Anda.

Profesi dan Kisaran Gajinya

Ada berbagai profesi yang dapat Anda lamar setelah lulus dari kuliah manajemen. Beberapa profesi tersebut mungkin terkesan biasa saja dan dapat dilakukan oleh lulusan jurusan lain. Namun, jika profesi tersebut ditekuni dengan baik dan profesional, Anda dapat memperoleh gaji yang tidak biasa.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan manajemen:

1. Teller Bank

Teller Bank

Para fresh graduate dapat memulai karir sebagai teller bank. Pekerjaan ini cukup mudah dilakukan namun membutuhkan ketelitian serta kemampuan komunikasi yang baik. Tugas utama seorang teller bank adalah membantu nasabah yang ingin menabung, mengambil uang tabungan, mentransfer uang, dan membayar tagihan.

Sebagai seorang teller bank, Anda akan memperoleh gaji yang cukup memuaskan. Seorang fresh graduate yang bekerja sebagai teller di sebuah bank ternama akan memperoleh gaji awal sekitar 3 hingga 4 juta rupiah per bulan. Setelah cukup berpengalaman, Anda dapat memperoleh gaji sebesar 7 hingga 8 juta rupiah per bulan.

2. Supervisor Perbankan

Supervisor Perbankan

Selain menjadi Teller, Anda juga dapat melamar sebagai supervisor perbankan. Karir ini sangat cocok bagi Anda yang mengambil peminatan manajemen perbankan. Tugas seorang supervisor perbankan adalah mengawasi pegawai serta menjamin pelayanan yang baik kepada nasabah.

Karena kedudukannya lebih tinggi daripada teller, maka tak heran jika gajinya lebih tinggi. Gaji awal profesi ini sekitar 8 juta rupiah. Sedangkan mereka yang telah berpengalaman dapat memperoleh gaji hingga 15 juta rupiah.

3. Sales

Sales

Prospek kerja manajemen yang satu ini mungkin tidak memiliki banyak peminat. Meski demikian, lowongan pekerjaan ini cukup banyak. Selain itu, Anda dapat naik jabatan dengan cepat jika menjalani profesi ini dengan baik. Tugas seorang sales adalah menjual barang sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Gaji seorang sales biasanya berkisar antara 3 hingga 7 juta setiap bulan. Anda akan memperoleh gaji yang lebih besar jika berhasil melampaui target penjualan.

4. Marketing

Marketing

Sekilas, posisi marketing dan sales terkesan hampir sama. Padahal, tugas para marketing itu bukan menjual produk. Job desc utama mereka adalah meningkatkan brand awareness. Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk mengembangkan bidang usaha perusahaan.

Seorang marketing yang belum memiliki banyak pengalaman biasanya akan memperoleh gaji sekitar 4 juta rupiah per bulan. Namun, mereka yang telah berpengalaman atau memiliki kedudukan sebagai manajer marketing dapat memperoleh gaji sekitar 7 juta rupiah.

5. Staff Financial

Staff Financial

Salah satu prospek kerja manajemen yang cukup menarik adalah staff finansial. Profesi ini tidak hanya khusus bagi lulusan akuntansi dan ekonomi saja. Bagi Anda yang mendalami manajemen keuangan, Anda juga memiliki kesempatan untuk memiliki karir tersebut.

Rata-rata gaji staff finansial adalah sekitar 4 juta rupiah per bulan. Sedangkan mereka yang telah berpengalaman atau menempati posisi tinggi, gajinya sekitar 7 juta rupiah per bulan.

6. Divisi Operasional

Divisi Operasional

Selain bekerja di bidang keuangan dan penjualan, lulusan manajemen memiliki peluang kerja sebagi staff operasional. Dalam karir ini, Anda dapat bekerja pada bagian operasional kantor, logistik, dan lain sebagainya. Sebagai staff operasional, Anda akan memperoleh gaji sekitar 4 hingga 8 juta rupiah setiap bulan.

7. Konsultan

Konsultan

Peluang karir yang dapat Anda coba adalah konsultan bisnis atau manajemen. Job desc seorang konsultan adalah membantu klien mengatasi masalah atau mengembangkan usaha. Jika Anda menjadi seorang konsultan, Anda akan memperoleh gaji yang fantastis, sekitar 15 – 50 juta rupiah per bulan.

8. HRD

HRD

Untuk Anda yang mengambil kuliah peminatan manajemen SDM, maka Anda memiliki kesempatan berkarir sebagai HRD. Gaji awal seorang HRD ini cukup memuaskan yaitu sekitar 5 juta rupiah per bulan.

9. Pengusaha

Pengusaha

Sebagai seorang lulusan manajemen, Anda dapat memulai usaha secara mudah. Selain itu, gaji yang Anda peroleh juga bervariasi tergantung kerja keras yang Anda curahkan pada usaha tersebut.

Kualifikasi

Semua peluang kerja di atas dapat diperoleh jika Anda memiliki kualifikasi atau keahlian yang diperlukan. Selain harus pandai mengoperasikan berbagai software komputer, Anda juga harus memiliki keahlian khusus.

  • Keahlian Manajerial

Kemampuan ini sangat diperlukan jika Anda menempati posisi supervisor atau manajer. Dengan keahlian ini, Anda dapat mengatur serta mengkoordinasi berbagai hal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  • Keahlian Mengelola Keuangan

Dengan keahlian mengelola keuangan, Anda dapat bekerja sebagai staff keuangan, marketing, sales, dan bahkan teller bank. Kemampuan ini akan diperoleh selama kuliah, terutama saat kuliah peminatan manejemen keuangan.

  • Keahlian Mengatur Manusia

Keahlian ini terutama diperlukan jika Anda bekerja di bidang kepegawaian atau sebagai manajer. Dengan demikian, Anda dapat mengkoordinasi pegawai sedemikian rupa agar tujuan kerja tercapai.

  • Keahlian Bersosialisasi dan Komunikasi

Berbagai peluang kerja manajemen mengharuskan Anda untuk bertemu dengan banyak orang atau bekerja sama dengan staff lain. Sehingga, Anda harus memiliki keahlian bersosialisasi dan komunikasi yang baik.

  • Sikap Kepemimpinan

Karir yang Anda rintis nantinya akan membawa Anda pada kedudukan tinggi. Namun, jenjang karir tersebut tidak dapat diraih jika Anda tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

  • Keahlian Menganalisis

Kemampuan ini sangat penting dalam karir yang berkaitan dengan manajemen. Dengan keahlian menganalisis, Anda dapat memecahkan berbagai masalah, mengembangkan usaha, dan meningkatkan penjualan.

Semua prospek kerja manajemen di atas pasti akan membuat Anda merasa mantap memilih manajemen sebagai jurusan kuliah. Jurusan tersebut pasti akan membuat masa depan Anda semakin cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *