Prospek Kerja Sistem Informasi
Karir

11 Prospek Kerja Sistem Informasi, Kualifikasi dan Besar Gaji

Jurusan Sistem Informasi terbilang sebagai jurusan atau ilmu baru. Dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan ini mempelajari gabungan dari ilmu komputer serta bisnis dan manajemen. Meski tergolong sebagai ilmu baru, namun prospek kerja sistem informasi tidak kalah dari jurusan yang sudah lama ada misalnya, akuntansi.

Apa Saja Prospek Kerja Sistem Informasi?

Jika Anda ingin mengambil jurusan Sistem Informasi, Anda tidak perlu khawatir tentang peluang kerja anda di masa depan. Ada berbagai pekerjaan yang menanti Anda setelah lulus nanti. Anda bahkan dapat membuka usaha sendiri dan menentukan penghasilan sendiri.

Beberapa prospek kerja sistem informasi yang menanti Anda adalah:

1. Staff Research and Development (RnD)

Staff Research and Development (RnD)

Para lulusan jurusan Sistem Informasi memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja sebagai staff Research and Development (RnD). Saat ini, banyak perusahaan swasta dan lembaga pemerintah yang memiliki divisi RnD guna meningkatkan kualitas produk dan layanannya.

Perusahaan membutuhkan keahlian di bidang ilmu komputer, manajemen, dan bisnis yang Anda miliki untuk mengembangkan produk maupun layanan baru. Jika ingin menjalani profesi ini dengan nyaman, Anda harus memiliki kualifikasi tertentu dan suka meneliti.

Baca juga: Prospek Kerja Manajemen

2. Digital Marketing

Digital Marketing

Karena penggunaan teknologi digital semakin maju, maka promosi melalui media digital sangatlah penting. Jadi, Tak heran jika profesi digital marketing semakin dibutuhkan. Tugas seorang digital marketing adalah meningkatkan brand awareness melalui media sosial, website, blog, dan platform lainnya.

Dalam melakukan branding, Anda perlu melakukan beberapa teknik, misalnya Email Marketing, Search Engine Marketing, dan Periklanan Online. Dengan demikian, kemampuan ilmu komputer dan pengetahuan bisnis Anda sangat berperan penting dalam profesi ini.

3. Web Developer

Web Developer

Sebagai mahasiswa Sistem Informasi, Anda nantinya dapat memilih bekerja sebagai web developer saat lulus nanti. Profesi ini cukup banyak dibutuhkan karena hampir semua perusahaan maupun lembaga membutuhkan website.

Tugas utama seorang web developer adalah membuat website dari nol. Ia harus mampu menciptakan web yang memiliki tampilan yang baik dan kinerja yang memuaskan. Setelah web ini selesai dibuat, ia juga harus melakukan maintenance berkala pada website tersebut untuk menjaga performanya.

4. Programmer

Programmer

Meski Anda adalah lulusan Sistem Informasi, namun Anda memiliki peluang untuk menjadi programmer. Mereka yang memiliki profesi ini bertugas menciptakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pembuatan aplikasi ini membutuhkan proses panjang agar hasilnya seperti yang diharapkan, misalnya mudah digunakan, bebas bug, dan responsive. Meski membutuhkan waktu dalam pengerjaannya, namun bayaran seorang programmer untuk satu aplikasi sangat memuaskan. Selain itu, programmer juga dapat bekerja di mana saja.

5. Data Scientist

Data Scientist

Salah satu prospek kerja sistem informasi yang menjanjikan adalah data scientist. Profesi ini membutuhkan pemahaman manajemen dan bisnis, ilmu komputer, dan matematika yang baik. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan data scientist untuk membantu mereka dalam mengambil keputusan perusahaan.

Job desc seorang data scientist berkaitan dengan pengumpulan data perusahaan, pengolahan data perusahaan, dan analisis data. Selain itu, mereka juga harus menampilkan hasil penelitian mereka dalam sebuah info grafis yang mudah dipahami oleh para pemangku jabatan. Sehingga, mereka dapat membuat keputusan yang tepat dengan mudah.

6. Konsultan IT

Konsultan IT

Setelah lulus nanti, Anda memiliki peluang untuk bekerja sebagai konsultan IT. Mereka yang menjalani profesi ini tidak hanya harus memahami hal teknis tentang komputer. Namun, mereka juga harus memahami tentang bisnis dan manajemen. Sehingga, mereka dapat mendesain sebuah sistem yang sesuai kebutuhan klien dan pada saat yang bersamaan mudah digunakan.

Para fresh graduate dari jurusan Sistem Informasi biasanya akan diterima sebagai junior consultant. Nantinya, setelah memiliki pengalaman lebih dari 3 tahun, Anda dapat memperoleh peningkatan jenjang karier menjadi senior konsultan. Sebagai seorang senior konsultan, Anda akan memperoleh gaji belasan juta per bulan.

7. Business Analyst

Business Analyst

Saat ini, banyak perusahaan IT yang memberikan layanan analisis bisnis pada perusahaan lain. Oleh karenanya,  banyak perusahaan IT yang membutuhkan business analyst. Jika Anda menjalani karir ini, maka pekerjaan anda adalah menilai praktik bisnis suatu perusahaan. Selain itu, Anda juga harus bisa memberikan solusi, termasuk solusi teknologi, untuk perusahaan itu.

Business analyst bisa dikatakan sebagai penghubung antara stake holder, IT, manajemen, serta User. Pekerjaan ini cukup kompleks, membutuhkan pengalaman, dan sertifikat yang menyatakan Anda sebagai Certified Business Analysis Professional.

8. IT Project Manager

IT Project Manager

Peluang kerja ini terbuka bagi lulusan jurusan Sistem Informasi yang telah berpengalaman. Tanggung jawab profesi tersebut cukup berat sehingga harus dilakukan oleh mereka yang telah ahli dan telah tersertifikasi sebagai manajer proyek.

Seorang IT project manager bertugas membimbing timnya dalam menjalankan rancangan sesuai dengan rencana dan budget. Ia harus memastikan bahwa proyek tersebut selesai pada waktu yang telah ditetapkan dan hasilnya sesuai permintaan klien. Karena tugasnya yang berat ini, tak heran jika seorang IT project manajer memperoleh gaji yang besar.

9. E-Commerce System Developer

E-Commerce System Developer

Belanja online saat ini telah menjadi tren gaya hidup masyarakat. Oleh karenanya, E-commerce system developer banyak dibutuhkan untuk menciptakan sebuah aplikasi e-commerce yang menawarkan fitur sama seperti yang sudah ada pada website dan aman serta nyaman digunakan.

Tugas e-commerce system developer ini cukup kompleks. Ada berbagai hal yang harus dikerjakan, misalnya pekerjaan yang berkaitan dengan UI maupun UX sistem milik perusahaan e-commerce yang ditangani, keamanan, serta alur sistem.

10. Database Administrator

Database Administrator

Profesi yang cukup baru ini mulai banyak dibutuhkan pada tahun 2014. Seorang database administrator memiliki pekerjaan yang erat kaitannya dengan data perusahaan. Ia harus bisa mengelola maupun merapikannya dengan baik sehingga data tersebut akan mudah diakses saat dibutuhkan.

11. Pengusaha

Sebagai seorang sarjana Sistem Informasi, Anda memiliki peluang besar untuk bisa bekerja sendiri tanpa ikatan sebuah perusahaan. Anda dapat menawarkan jasa membuat website maupun aplikasi kepada perusahaan maupun lembaga yang membutuhkan.

Kualifikasinya

Peluang profesi di atas tentu saja tidak dapat Anda miliki jika Anda tidak memenuhi kualifikasi. Selain harus memiliki gelar sarjana Sistem Informasi, Anda juga harus memiliki skill yang mumpuni dalam hal rekayasa komputer, analisis masalah, problem solving, dan manajerial data.

Di samping itu, Anda harus memiliki kemampuan yang baik untuk bekerja dalam sebuah tim. Hal ini tentu menuntut Anda untuk bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan anggota tim dengan baik. Tanpa kemampuan komunikasi tersebut, koordinasi tim anda tidak akan berjalan dengan lancar.

Kisaran Gajinya

Gaji awal bagi fresh graduate Sistem Informasi biasanya sesuai dengan UMR. Setelah sekitar tiga tahun bekerja, Anda kemungkinan besar akan memperoleh gaji minimal 5 juta rupiah per bulan.

Akan tetapi, jika Anda bekerja sebagai business analyst, konsultan IT, dan IT project manager, maka Anda dapat memperoleh gaji minimal 10 juta per bulan.

Jika Anda bekerja sendiri atau bekerja secara freelance, maka Anda akan memperoleh bayaran per proyek. Nilai gaji ini biasanya cukup besar. Semakin kompleks proyek tersebut, maka akan semakin besar pula honor yang akan diperoleh.

Baca juga: Prospek Kerja Akuntansi

Prospek kerja sistem informasi memang cukup menjanjikan. Namun, Anda biasanya akan bersaing dengan lulusan Teknik Informatika dan Matematika saat melamarnya.

Jadi, Anda harus dapat membuktikan kepada  perusahaan yang dilamar bahwa Anda memiliki kemampuan lebih dibanding dengan aplikan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *