Tugas Business Consultant
Tugas Karyawan

7 Tugas Business Consultant, Kualifikasi dan Besar Gaji

Dunia bisnis tentu dipenuhi dengan persaingan yang cukup ketat. Hal ini sudah sangat wajar baik dalam bisnis skala kecil, menengah hingga besar. Jika merasa pengetahuan mengenai dunia bisnis masih kurang, salah satu cara dalam menjaga stabilitas bisnis adalah memakai jasa konsultan bisnis (business consultant). Tugas business consultant ini cukup menarik perhatian. Yuk simak ulasan berikut!

Daftar Tugas Business Consultant

Business consultant merupakan salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk melebarkan bisnis dengan cara yang tepat. Jika Anda bekerja di bidang ini, beberapa tugas harus diselesaikan dengan cepat dan tepat. Tugas yang harus dilaksanakan seorang business consultant, antara lain:

1. Mempelajari dengan Detail Tentang Bisnis yang dijalankan Klien

Sebelum memulai diskusi, Anda perlu mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bisnis klien. Detail bisnis yang dijalankan klien sebagai acuan utama dalam menentukan langkah pengembangan bisnis. Anda juga perlu menanyakan visi dan misi klien dalam berbisnis, sehingga bisa menemukan arah pengembangan yang diinginkan.

Detail bisnis dari klien bisa Anda baca dari beberapa dokumen penting, riset pasar hingga informasi langsung dari pemilik usaha. Riset pasar menjadi bagian yang penting karena untuk mengetahui seberapa besar minat konsumen terhadap bisnis klien Anda.

2. Melakukan Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan Bisnis dari Klien

Melakukan Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan Bisnis dari Klien

Setelah semua detail bisnis yang dimiliki klien dipelajari secara teliti, Anda perlu membuat evaluasi mengenai kelebihan sekaligus kekurangan dari bisnis tersebut. Buatlah rangkuman di setiap aspeknya secara terperinci agar klien mudah memahaminya.

Evaluasi kelebihan dan kekurangan ini bisa didapatkan dari data-data perusahaan atau bisnis yang dijalankan klien. Anda bisa melihat bagian laporan keuangannya, sistem manajerial hingga bagian operasionalnya. Lakukan pemeriksaan satu per satu tanpa terlewati.

3. Melakukan Identifikasi Permasalahan yang dihadapi Bisnis Klien

Business consultant wajib menemukan masalah yang ada di sebuah bisnis. Anda harus melakukan identifikasi masalah sebanyak mungkin yang menjadi kendala klien.

Meskipun mencari sebanyak mungkin, tetapi tidak semua hal bisa menjadi masalah besar. Maka, Anda perlu memilah permasalahan yang sekiranya mengganggu jalannya bisnis di masa depan.

Dalam mengidentifikasi masalah, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Anda sebaiknya meminta pengertian klien untuk menunggu hasil. Berikan sajian laporan masalah yang mudah dipahami klien.

4. Pemberian Solusi Terkait Masalah Bisnis yang dijalankan Klien

Pemberian Solusi Terkait Masalah Bisnis yang dijalankan Klien

Setiap permasalahan genting yang sudah ditemukan harus segera dicarikan solusinya. Hal ini merupakan salah satu tugas Business consultant. Anda tidak hanya mencari masalahnya saja, tetapi juga berpikir untuk mencari jalan keluar agar bisnis klien tetap berjalan dan mampu menjangkau area pasar yang luas.

Solusi dari Anda hanyalah sebagai pilihan. Namun, ketika sudah melakukan diskusi langsung, Anda bisa meminta klien untuk merevisi atau menambahkan ide lain dalam menentukan solusi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan bisnis.

5. Mengadakan Komunikasi Langsung atau Tatap Muka dengan Pihak Klien

Komunikasi yang baik dalam membicarakan bisnis adalah bertatap muka langsung. Seorang business consultant bisa saja memberikan konsultasi tanpa tatap muka, tetapi hal tersebut akan menurunkan kepercayaan klien. 

Di lain sisi, jika bisnis yang dijalankan sudah besar, maka informasi yang harus dijelaskan business consultant hanya bisa melalui tatap muka langsung.

Berkomunikasi langsung juga memudahkan Anda dan klien dalam membahas perencanaan dan strategi bisnis untuk masa depan. Semua permasalahan beserta solusinya bisa langsung tersampaikan.

Rencana bisnis masa depan bisa didiskusikan sesuai visi yang dingin dicapai oleh klien Anda. Jangan lupa untuk selalu melihat peluang yang ada untuk pencapaian target.

6. Memastikan Komunikasi yang Terjalin dengan Klien Tetap Baik

Memastikan Komunikasi yang Terjalin dengan Klien Tetap Baik

Sebagai orang yang mengutamakan komunikasi, pastikan untuk menjalin hubungan yang baik dengan para klien. Anda tidak boleh membeda-bedakan antara klien dengan bisnis kecil dengan bisnis besar. Semua klien adalah raja yang harus dilayani sebaik mungkin.

Untuk memberikan kenyamanan kepada klien, gunakan bahasa yang sopan santun, bertata krama yang baik hingga bisa melakukan diskusi secara fleksibel (baik waktu dan tempat). Anda perlu juga menjaga kerahasiaan setiap klien agar hubungan tetap terjalin dengan baik.

Anda juga bisa menambahkan kritik dan saran yang bisa diberikan oleh klien setelah menerima jasa. Hal ini sebagai upaya untuk evaluasi kinerja terkait pelayanan klien, sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi di masa kedepannya.

7. Menyampaikan Informasi Relevan Terkait Perkembangan dan Kemajuan Bisnis Klien

Menyampaikan Informasi Relevan Terkait Perkembangan dan Kemajuan Bisnis Klien

Seorang Business consultant harus jujur terhadap semua kliennya. Perencanaan yang telah dibuat dan disepakati harus berprogress dan dilaporkan kepada klien. Informasi yang disampaikan terkait perkembangan dan kemajuan bisnis klien harus relevan.

Jika mengalami kenaikan, maka perlu dilakukan tambahan strategi agar bisnis semakin berjaya dan berkembang pesat. Tetapi jika masih ditemukan kendala atau justru menurunkan performa bisnis, maka perlu diadakan evaluasi ulang dengan pihak klien.

Kisaran Gaji Business Consultant

Mengapa business consultant menjadi salah satu profesi yang banyak diminati? Jawabannya karena bidang profesi ini memiliki gaji yang cukup tinggi dan terlihat keren.

Rata-rata upah yang diterima Business consultant mulai dari Rp4.000.000,- hingga belasan juta. Sebagai contohnya, di area Surabaya, Anda akan mendapatkan gaji Rp5.500.000,- per bulan sebagai seorang business consultant.

Kisaran gaji di atas merupakan gaji pokok yang diterima business consultant. Anda masih mungkin menerima tambahan dari uang lembur, makan, transportasi, jabatan, bonus dan lain-lain. Bahkan, ada juga perusahaan yang memberikan gaji ke-13.

Sedangkan untuk penghasilan business consultant yang mencapai belasan juta biasanya ada di perusahaan yang bonafit dan skalanya sudah nasional. Meskipun terlihat mudah, namun dibutuhkan skill khusus, kreativitas dan visioner.

Persyaratan Umum dan Kualifikasi Business Consultant

Syarat Umum Administrasi

  • Pria atau wanita.
  • Usia maksimal 30 tahun.
  • Pendidikan S1 Ekonomi atau Pendidikan Ekonomi.
  • Berpengalaman dalam bidang sama sekurang-kurangnya 3 tahun untuk pemula dan 8 tahun untuk senior di perusahaan skala nasional/ multinasional.
  • Berjiwa pengusaha, berpikir kreatif dan visioner.
  • Berpenampilan menarik.
  • Menguasai bahasa Inggris (aktif dan pasif) khusus untuk perusahaan nasional dan multinasional.

Kualifikasi Business Consultant

  • Manajemen waktu harus baik.
  • Kemampuan komunikasi baik dan lancar.
  • Memberikan ide yang kreatif, inovatif, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bersikap ramah dan menjaga hubungan baik dengan setiap klien.
  • Memiliki wawasan yang luas, khususnya terkait bisnis.
  • Mampu menjaga rahasia setiap klien.
  • Memiliki attitude yang baik.

Baca juga: Tugas Marketing Executive

Sebagai seorang business consultant, salah satu hal terpenting yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi. Hal ini karena salah satu tugas business consultant adalah bertatap muka langsung dengan para klien dalam mencari solusi, membuat perencanaan dan strategi bisnis di masa depan. Apakah Anda sudah memenuhi syaratnya? Jika iya, segera daftarkan diri Anda tanpa keraguan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *