7 Tugas Pokok Marketing, Kualifikasi dan Besar Gaji

Tugas Marketing

Dalam dunia bisnis di sebuah perusahaan, setiap bagian memiliki peranan masing-masing dan saling berkaitan demi tercapainya tujuan. Salah satu bagian penting yang ada di semua jenis perusahaan adalah marketing. Marketing sendiri sering kali dianggap sebagai bagian promosi dan penawaran produk (jasa/barang). Apakah tugas marketing hanya promosi dan menawarkan saja? Simak ulasan ini!

Daftar Tugas Marketing

1. Pemenuhan Kebutuhan Sekaligus Keinginan Konsumen

Seseorang yang bekerja di bagian marketing harus mengetahui produk yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat atau pasar. Anda harus lebih peka terhadap kemauan masyarakat serta target pasar yang dituju.

Pemenuhan kebutuhan dan keinginan ini tidak hanya produk yang akan Anda tawarkan, tetapi juga meliputi layanan yang Anda berikan kepada konsumen. mengapa demikian? Karena menjadi bagian dari marketing, Anda diibaratkan sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen.

2. Perencanaan Produk

Setelah melakukan survei mengenai produk apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, Anda bisa memulai jenis produk yang akan dijual. Perencanaan produk harus dilakukan dengan matang dan tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja. Anda tidak bisa membuat sebuah produk hanya berdasarkan kebutuhan saja, tetapi juga melihat dari segi besarnya keinginan konsumen.

3. Penetapan Harga

Penetapan harga dianggap menjadi tugas yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat, khususnya di Indonesia yang menginginkan barang berkualitas tetapi tanpa kantong terkuras. Namun, untuk memudahkan kerja Anda, tentukan terlebih dahulu segmen pasar yang dituju yakni menengah bawah, menengah atas atau kaum elit.

Setelah menentukan segmen pasar, Anda bisa memiliki kisaran harga yang sesuai. Pastikan pula untuk memperhatikan harga pasaran yang sedang berlaku agar produk yang Anda tawarkan bisa bersaing dan lebih banyak dipilih konsumen.

4. Perencanaan Promosi

Promosi menjadi tugas yang sangat melekat dari seorang marketer. Pada dasarnya, marketing memang bertanggung jawab penuh untuk mengenalkan produk sebaik mungkin agar konsumen minat membeli. Promosi harus direncanakan dengan benar dan terkonsep agar sosialisasi informasi produk di masyarakat bisa tersampaikan dengan baik.

Media promosi yang bisa Anda gunakan saat ini sangatlah beragam, mulai dari konvensional (brosur, banner, poster dsb) hingga digital. Untuk pemanfaatan dunia digital, Anda bisa menggunakan beberapa platform media sosial sebagai ajang pengenalan produk.

5. Perencanaan Distribusi

Ternyata, seorang marketer juga bertugas untuk proses distribusi. Anda harus memastikan produk yang dijual di pasar atau konsumen tanpa mengalami cacat dan rusak. Perencanaan distribusi ini bisa dimulai dari ekspedisi pengiriman barang yang terpercaya dan aman.

6. Pelayanan Prima untuk Konsumen

Pelayanan prima saat ini telah menjadi prioritas untuk semua perusahaan barang dan jasa dalam melayani konsumennya. Khusus untuk seorang marketer, Anda wajib memiliki kemampuan pelayanan sebaik mungkin hingga konsumen tersebut merasa nyaman saat berbincang dan negosiasi.

Ketika sedang menawarkan produk, Anda harus memberikan informasi detail dan menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan ramah. Meskipun tujuan marketing adalah produk bisa terjual, Anda tidak boleh memaksa konsumen untuk membeli tanpa kesukarelaan.

Pelayanan yang diberikan tidak hanya saat menawarkan produk saja, tetapi juga melakukan feedback kepada konsumen dan evaluasi pasar. Carilah informasi secara lengkap terkait keunggulan dan kelemahan produk Anda, sehingga bisa dilakukan evaluasi.

Maka, pastikan untuk menjalin hubungan dan kesan baik kepada setiap konsumen agar bisa mendapatkan feedback yang sama.

7. Melakukan Bimbingan untuk Sales Perusahaan

Tugas marketing lainnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah membimbing para sales untuk meningkatkan kemampuan memasarkan produk. Anda bertanggungjawab dalam memastikan setiap sales mampu bekerja lebih aktif, kompetitif dan efektif.

Kisaran Gaji Marketing

Gaji yang didapatkan oleh bagian marketing di perusahaan didasarkan pada jabatan yang dimiliki. Bagian marketing sendiri memiliki jenjang karir mulai dari staff, manager hingga top level. Berikut kisaran gaji bagian marketing yang cukup menggiurkan:

Staff

  • Rp3.000.000,- hingga Rp3.200.000,- per bulan (fresh graduate/ belum berpengalaman)
  • Rp3.250.000,- hingga Rp3.500.000,- per bulan (pengalaman <5 tahun)
  • Rp3.500.000,- hingga Rp3.700.000,- per bulan (pengalaman 5 – 10 tahun)
  • Rp5.550.000,- hingga Rp5.700.000,- per bulan (pengalaman >10 tahun)

Manager

  • Rp5.700.000,- hingga Rp3.900.000,- per bulan (pengalaman <5 tahun)
  • Rp5.800.000,- hingga Rp6.200.000,- per bulan (pengalaman 5 – 10 tahun)
  • Rp6.300.000,- hingga Rp6.500.000,- per bulan (pengalaman >10 tahun)

Top level

  • Rp33.000.000,- hingga Rp43.000.000,- per bulan (marketing research manager)
  • Rp35.000.000,- hingga Rp52.000.000,- per bulan (marketing senior brand manager)
  • Rp36.000.000,- hingga Rp54.000.000,- per bulan (channel marketing manager)
  • Rp28.000.000,- hingga Rp54.000.000,- per bulan (senior marketing communication manager)
  • Rp70.000.000,- hingga Rp85.000.000,- per bulan (head of trade marketing)
  • Rp62.000.000,- hingga Rp97.000.000,- per bulan (marketing manager)
  • Rp108.000.000,- hingga Rp195.000.000,- per bulan (marketing director)
  • Rp126.000.000,- hingga Rp245.000.000,- per bulan (chief marketing officer)

Persyaratan Kerja dan Kualifikasi Marketing

Jika Anda ingin mendaftar sebagai bagian dari marketing sebuah perusahaan, pada umumnya persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

Syarat Umum Administrasi

  • Lulusan SMA/SMK/sederajat untuk bagian sales.
  • Lulusan S1 Ekonomi (diutamakan) atau semua jurusan untuk bagian staff.
  • Fresh graduate (untuk sales dan staff) atau minimal pengalaman 2 tahun (untuk staff dan manager marketing).
  • Memiliki sertifikat softskill terkait marketing (wajib untuk manager dan top level marketing).
  • Memiliki penampilan menarik.

Kualifikasi Skill yang Harus dimiliki

Mampu Berkomunikasi Interpersonal

Ketika menjadi seorang marketer, Anda dituntut untuk berkomunikasi dengan cara yang baik, ramah dan nyaman kepada setiap konsumen.

Mampu Menulis dengan Baik

Tidak hanya jago dalam sosialisasi saja, Anda harus memiliki pengetahuan dan kemampuan menulis yang baik dan benar. Hal ini sangat diperlukan, jika media promosi yang digunakan melalui internet.

Cermat dalam Setiap Detail Pekerjaan

Setiap pekerjaan bidang marketing membutuhkan ketelitian di setiap prosesnya, mulai dari survei lapangan, distribusi produk hingga penyampaian informasi kepada konsumen.

Memiliki Jiwa Kreativitas Tinggi dan Inovatif untuk Berkembang

Anda harus memiliki ide kreatif dan mengembangan inovasi marketing sebagai jurus ampuh dalam memasarkan produk.

Cakap dalam Persuasif dan Bernegosiasi

Setiap marketer harus memiliki kemampuan persuasif yang baik dan pintar dalam negosiasi. Kecakapan ini mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda.

Mampu Bekerja Secara Individu Maupun Tim

Proses promosi yang dilakukan marketer bisa dilakukan sendiri maupun bersama tim. Maka, Anda harus fleksibel dan bisa bekerja sesuai kebutuhan perusahaan.

Memiliki Penguasaan Teknologi digital Modern

Hal yang paling penting di zaman sekarang adalah penguasaan teknologi digital yang semakin berkembang pesat. Anda harus mengembangkan dan mendalami pengetahuan digital marketing.

Kemampuan Pengelolaan Stress

Mendapatkan seorang pembeli tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan sebuah kerja keras dan kesabaran. Dalam hal ini, Anda harus mampu mengelola stress yang melanda ketika bekerja di bawah tekanan.

Baca juga: Tugas General Affair

Tugas marketing bukan hanya sekedar menawarkan barang saja, tetapi juga merencanakan segala hal yang berkaitan dengan pemasaran. Bagi Anda yang suka bersosialisasi dengan banyak kalangan dan memiliki kecakapan berbicara (khususnya menawarkan produk), bisa memilih profesi ini untuk terus berkembang. Selain itu, pastikan setiap persyaratan yang diajukan perusahaan sudah memenuhi kriteria.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *