Tugas Social Media Marketing
Tugas Karyawan

9 Tugas Social Media Marketing, Kualifikasi dan Besar Gaji

Memasarkan produk barang dan jasa dibutuhkan kemampuan negosiasi yang baik memasuki generasi milenial yang berteknologi canggih seperti sekarang ini memunculkan metode pemasaran melalui sosial media. Tidak heran jika Anda menemui banyak orang yang bekerja sebagai sosial media marketing. Apa saja tugas social media marketing? Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi?

Daftar Tugas Social Media Marketing

1. Riset Materi Konten yang Akan diunggah

Sebagai seorang pemasar media sosial, Anda harus menguasai produk yang akan dijual secara detail. Hal ini digunakan sebagai bahan riset terkait materi konten promosi yang akan dibuat dan di share. Riset untuk konten sebelum diunggah adalah memastikan informasi yang Anda masukkan sudah lengkap dan benar.

Anda bisa memulai membuat konten dengan menampilkan pengetahuan umum yang berkaitan dengan produk. Selanjutnya, buatlah rasa penasaran calon pembeli semakin meningkat dengan menambahkan fakta dari keunggulan produk yang akan Anda tawarkan.

2. Update Informasi Mengenai Tren Terkini

Update Informasi Mengenai Tren Terkini

Tidak hanya melakukan riset konten saja, Anda harus selalu up-to-date dengan tren yang saat ini sedang disukai masyarakat. Adanya tren mampu memberikan ide menarik dalam mengembangkan produk yang sudah ada maupun yang akan segera dirilis.

Anda juga bisa berinovasi dengan berbagai metode marketing agar bisa bersaing dengan kompetitor. Cara mengetahui produk barang dan jasa yang sedang tren bisa Anda lakukan dengan aktivitas yang saat ini sedang ramai di media sosial atau survey langsung ke konsumen.

3. Menjalin Koneksi yang Baik Kepada Setiap Konsumen

Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen atau calon pembeli wajib dilakukan oleh seorang social media marketing. Anda harus membangun hubungan baik saat mulai berpromosi maupun saat melayani pembeli. Pada tugas ini, diperlukan kesabaran ekstra karena ada banyak konsumen dengan berbagai karakter yang mungkin saja bisa membuat jengkel.

Penggunaan bahasa yang sopan dan santun menjadi kunci dalam menjalin hubungan dengan para calon pembeli. Anda juga harus ramah dan tidak segan untuk menjawab pertanyaan konsumen secara mendetail. Keluhan dan saran konsumen harus diterima dengan baik untuk dijadikan evaluasi pemasaran di perusahaan.

4. Melakukan Pengecekan dan Pembaharuan Berkala Terhadap Isi Konten

Tugas keempat dari social media marketing adalah rajin melakukan pengecekan dan pembaharuan konten di semua media sosial perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan saat Anda memasang konten promo produk yang memiliki masa berlaku. Jika waktu promo sudah habis, Anda bisa menghapus atau memperbaharuinya.

Pengecekan ini bisa Anda lakukan setiap hari di awal, tengah dan akhir jam kerja. Tugas ini juga akan berkaitan dengan laporan harian yang harus dibuat dan diserahkan kepada atasan. Maka, lakukan bagian ini dengan cermat dan detail.

5. Mengelola Konten Setiap Akun Sosial Media Perusahaan dengan Tepat

Mengelola Konten Setiap Akun Sosial Media Perusahaan dengan Tepat

Sebagai social media marketing, Anda telah dipercaya untuk mengelola semua konten media sosial perusahaan. Maka, Anda harus mengelolanya sesuai dengan fungsinya. Pada perusahaan kecil dan menengah, biasanya Anda bisa mengelola beberapa akun, sehingga harus lebih teliti dalam penggunaannya.

Hal ini berbeda saat bekerja di perusahaan berskala besar dan nasional. Anda hanya akan memegang 1 akun, sehingga lebih mudah dalam pengelolaannya. Masih ada kemungkinan pula jika hari berikutnya Anda memegang akun berbeda, tetapi setidaknya dalam 1 hari cukup mengelola 1 akun itu saja.

Pengelolaan konten media social marketing perusahaan juga meliputi terbebasnya unsur SARA dan pornografi. Anda bisa membuat keamanan ganda dari kedua unsur ini agar tidak merusak citra perusahaan sekaligus menghindari aktivitas cyber crime.

6. Membuat Jadwal Tayang Konten

Mengunggah konten pemasaran produk tidak bisa dilakukan seenaknya saja, tetapi Anda harus membuat jadwalnya dengan jelas. Semua jadwal jam tayang konten harus dibuat efisien, continue dan teratur untuk lebih memudahkan konsumen.

Dalam jadwal yang sudah dibuat, Anda bisa menyelipkan kejutan promosi di sela-sela waktu penayangan konten yang teratur. Hal ini akan membuat konsumen semakin penasaran dan menunggu saat promo kejutan ditayangkan.

7. Melaporkan Produk Terjual Secara Rutin

Setiap akhir jam kerja, Anda harus membuat laporan terkait jumlah produk yang sudah terjual beserta stok yang masih tersisa. Selain digunakan untuk menyediakan stok lagi, hal ini juga sebagai penilaian atasan terhadap kinerja marketing Anda di media sosial.

8. Membuat Rancangan Strategi Marketing

Riset konten yang dilakukan social media marketing juga sebagai acuan dalam pembuatan rancangan strategi marketing selanjutnya. Anda bisa mengembangkan strategi pemasaran yang sudah ada hingga mengganti dan mengubahnya dengan strategi baru. Semua rancangan didasarkan pada kondisi pasar dan minat para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

9. Aktif Melakukan Campaign di Sosial Media

Aktif Melakukan Campaign di Sosial Media

Keberhasilan dalam memasarkan produk di media sosial tergantung dari seberapa sering Anda melakukan promosi. Jika Anda sangat aktif melakukan campaign di sosial media, peluang untuk menarik minat pembeli semakin besar.

Penawaran produk tidak hanya di media sosial seperti instagram, facebook, platform e-commerce saja, tetapi bisa juga menggunakan media televisi, iklan, banner dan ikut event besar. Maka, untuk melakukan semua itu, diperlukan pengetahuan digital marketing yang luas dan terarah.

Besaran Gaji Social Media Marketing

Tugas Social Media Marketing tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Anda cukup menyalakan perangkat (komputer/ laptop/ tab/ smartphone) dan langsung melakukan aktivitas pekerjaan.

Meskipun mudah, gaji yang diterima cukup lumayan, apalagi jika bekerja di perusahaan skala besar. Berikut kisaran gaji social media marketing terbaru 2020:

  • Skala Menengah: Rp2.500.000,- hingga Rp3.000.000,-
  • Skala Besar: Rp4.000.000,- hingga Rp6.600.000,-
  • Skala Nasional: Rp6.000.000,- hingga Rp11.000.000,-

Persyaratan Umum dan Kualifikasi Social Media Marketing

Syarat Umum Administrasi

Beberapa syarat administrasi yang harus Anda penuhi saat hendak melamar social media marketing, di antaranya:

  • Pria/ wanita.
  • Tidak ada batasan usia.
  • Minimal jenjang pendidikan D3/S1 semua (lebih diutamakan untuk jurusan ilmu komunikasi/ marketing / bahasa / IT).
  • Berpengalaman setidaknya 1 tahun pada posisi sama.
  • Berpenampilan sopan dan menarik.

Kualifikasi Social Media Marketing

Ketika Anda mendaftar sebagai social media marketing, terdapat beberapa skill yang harus Anda miliki, yaitu:

  • Penguasaan berbagai platform media sosial.
  • Menguasai wordpress atau blog.
  • Mampu menulis artikel soft selling dengan baik.
  • Memiliki pemahaman tentang dunia digital marketing.
  • Mampu berkomunikasi lisan maupun tulis dengan bahasa yang baik dan santun.
  • Mampu menguasai beberapa bahasa asing (diutamakan bahasa Inggris).
  • Menguasai photoshop, video editing dan fotografi.
  • Memiliki penguasaan copywriting.
  • Bisa bekerja dibawah tekanan dan sabar menghadapi para konsumen.
  • Bisa membuat sebuah campaign dan marketing event.
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik, khususnya untuk mendapatkan kerjasama dengan perusahaan iklan.

Baca juga: Tugas Marketing Communication

Sudah tidak mengherankan jika semua kegiatan masyarakat tidak terlepas dari internet. Hal ini juga menyangkut tugas social media marketing yang selalu menggunakan jaringan internet dalam mempromosikan produknya. Bagi Anda yang menyukai profesi ini, penuhi semua kualifikasi dan persyaratan umumnya serta dapatkan gaji lumayan hanya dari jelajah internet saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *