Tujuan dan Manfaat Koperasi
Ekonomi

Tujuan dan Manfaat Koperasi (Penjelasan Secara Lengkap)

Tujuan dan manfaat koperasi menjadi pencapaian yang ingin diraih. Dengan meraih tujuan, artinya koperasi bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat secara lebih luas. Koperasi merupakan badan usaha yang bergerak dalam pengelolaan dana anggota berdasarkan atas asas keadilan dan juga kekeluargaan.

Setiap anggota koperasi memiliki kewajiban serta hak yang sama. Dalam rapat, semua anggota memiliki hak yang sama untuk mengungkapkan pendapatnya. Segala keputusan dan juga ketentuan koperasi ditetapkan bersama oleh para anggota. Koperasi menjalankan sistem terbuka sehingga semua anggota bisa mengetahui segala kegiatan yang dijalankan.

Apa Tujuan dan Manfaat Koperasi?

Koperasi dibangun atas asas kekeluargaan guna mencapai berbagai tujuan. Bukan hanya untuk kepentingan anggotanya saja, namun koperasi juga bisa memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat secara luas.

Koperasi mampu memberikan manfaat di bidang ekonomi maupun non ekonomi bagi seluruh anggotanya. Hal tersebut menjadi daya tarik utama untuk menarik perhatian para masyarakat agar mau bergabung menjadi anggota koperasi. Semakin tinggi jumlah anggota koperasi, maka akan semakin besar juga manfaat yang diberikan.

Tujuan Dibentuknya Koperasi

Apa saja tujuan yang ingin diraih oleh koperasi, berikut penjabarannya:

  • Mensejahterakan para anggota koperasi dan masyarakat yang berada disekitar.
  • Sebagai upaya untuk membangun perekonomian nasional.
  • Memperbaiki taraf hidup masyarakat dan memberikan keadilan ekonomi untuk semua masyarakat.
  • Mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih berkembang, maju, makmur dan adil.
  • Membantu pemerintah untuk menerapkan sistem ekonomi yang merata.
  • Memberikan fasilitas termudah guna memenuhi kebutuhan para anggota.
  • Menyediakan fasilitas kredit untuk membantu para anggota yang membutuhkan modal usaha.
  • Berupaya mengembangkan usaha para anggota guna meraih keuntungan yang lebih besar.
  • Memberikan sarana terbaik untuk para anggota yang ingin menjual produknya.

Manfaat Dibentuknya Koperasi

Berikut manfaat yang diberikan oleh koperasi:

1. Menyediakan sarana untuk menjual barang/jasa yang dihasilkan anggota

Kegiatan yang dijalankan koperasi bukan hanya mengelola dana para anggota saja, namun juga memberikan fasilitas penghimpunan barang/jasa yang dijual. Para anggota bisa menitipkannya ke koperasi untuk dijual ke masyarakat secara luas.

Dengan begitu para anggota bisa mendapatkan kenaikan keuntungan dan bisa menekan biaya operasional.

2. Memberikan akses yang mudah untuk mendapatkan modal usaha

Koperasi memberikan akses yang lebih mudah kepada para anggota untuk bisa mendapatkan modal usaha. Berbeda dengan bank yang menerapkan persyaratan beragam dan cukup rumit, koperasi memberikan berbagai kemudahan bagi para anggotanya.

Pinjaman akan diberikan kepada anggota dengam persyaratan yang mudah, tanpa jaminan dan menerapkan bunga yang kecil.

3. Memupuk sikap disiplin, mandiri dan mau bekerja sama

Bergabung menjadi anggota koperasi akan memberikan berbagai manfaat bagi Anda, salah satunya adalah memupuk sikap disiplin dan juga mandiri. Dimana Anda harus membayar iuran wajib sesuai dengan periode tertentu untuk bisa mendapatkan tabungan jangka panjang yang bisa diambil ketika membutuhkannya.

Hal ini tentu akan berdampak baik untuk pengembangan usaha Anda di masa yang akan datang.

4. Memberikan ilmu pengetahuan serta pelatihan khusus guna meningkatkan wawasan anggota

Turut serta dalam kegiatan koperasi secara otomatis akan memberikan Anda wawasan dan juga pelatihan khusus guna mengembangkan produk yang dihasilkan. Koperasi menerapkan asas kekeluargaan sehingga bunga yang ditetapkan juga tidak akan besar.

Pelatihan yang biasanya disediakan untuk para anggotanya meliputi, manajemen keuangan, bagaimana cara meningkatkan kualitas produk, pelatihan tentang pembuatan kemasan produk dan lain sebagainya.

5. Menyediakan segala kebutuhan masyarakat terutama para anggota

Koperasi bukan hanya memberikan manfaat dari segi ekonomi saja, namun juga ada yang berkaitan dengan segi non ekonomi seperti penyediaan berbagai produk yang dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya.

Sebagai anggota koperasi, Anda bisa membeli semua produk dengan harga yang lebih murah daripada harga pasaran. Dengan begitu para anggota koperasi bisa lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

6. Menyediakan fasilitas menabung yang aman dan terjamin

Koperasi memberikan fasilitas menabung yang tentunya aman dan terjamin. Para anggota yang ingin menyisihkan uang penghasilan untuk masa depan bisa menabungnya di koperasi. Menabung di koperasi akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda, salah satunya adalah mengembangkan sikap berhemat.

Anda bisa mengambil uang tabungan jika membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan maupun untuk mengembangkan usaha.

Peranan Koperasi Dalam Perekonomian

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat koperasi, Anda juga harus mengetahui peranan koperasi dalam perekonomian. Koperasi terdiri dari berbagai jenis yang memiliki peranan berbeda dalam pembangunan ekonomi. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Jenis-Jenis Koperasi

Mampu mengembangkan usaha masyarakat

Koperasi bergerak di bidang pengadaan modal dan juga alat-alat yang bisa membantu untuk mengembangkan usaha para anggotanya. Dengan adanya pengadaan modal dan juga kebutuhan, para anggota bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.

Selain itu biaya yang harus dikeluarkan juga tergolong lebih kecil, karena bunga yang dibebankan juga rendah.

Dapat mengurangi pengangguran

Kehadiran koperasi bisa menjadi upaya penyediaan lowongan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan. Koperasi membutuhkan tenaga untuk mengelolanya.

Sehingga bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan bisa bergabung dan mengelola koperasi. Keuntungan yang didapatkan akan menjadi bayaran bagi pekerjaan yang Anda lakukan.

Membangun tatanan perekonomian nasional

Koperasi memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya untuk menstabilkan dan juga menjaga tatanan perekonomian nasional. Semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya koperasi, maka akan semakin terjamin juga taraf hidup masyarakat secara luas.

Kestabilan ini harus terus dijaga untuk memajukan perekonomian negara. Dengan begitu semua masyarakat bisa hidup dengan lebih sejahtera dan merata.

Menambah pendapatan para anggota

Bergabung bersama koperasi bisa memberikan manfaat tambahan pendapatan bagi para anggota. Hal tersebut terjadi karena setiap periode tertentu, akan dibagikan keuntungan yang diperoleh koperasi. Ditambah lagi jika Anda memiliki tabungan di koperasi, maka nilai pendapatan yang bisa diraih tentu akan semakin besar.

Meningkatkan taraf hidup

Semakin banyak jumlah anggota yang dimiliki oleh sebuah koperasi maka akan membuat peranan koperasi akan semakin berarti. Hal tersebut bisa terjadi karena semakin banyak masyarakat yang berkontribusi bersama koperasi, maka keuntungan yang bisa diraih juga akan semakin besar.

Dengan begitu maka seluruh kebutuhan anggota bisa terpenuhi dengan baik. Secara otomatis, maka taraf hidup anggota akan semakin meningkat.

Mempersatukan sumber daya

Untuk bisa mengembangkan badan usaha koperasi, dibutuhkan kerjasama antara anggota dan juga pengelola. Dengan begitu tujuan dari koperasi bisa diraih dengan lebih mudah. Untuk dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional tentu tidak bisa dilakukan sendiri,

Anda membutuhkan sumber daya yang cukup. Untuk itulah koperasi hadir dan berperan sebagai pemersatu guna mensejahterakan masyarakat.

Mencerdaskan bangsa

Koperasi bukan hanya berperan sebagai sarana pemberian modal saja, namun juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar. Dengan ikut serta dalam kegiatan koperasi, secara tidak langsung Anda mampu meningkatkan keterampilan serta wawasan dalam bidang manajemen dan lain sebagainya.

Simak juga: Kelebihan dan Kekurangan Koperasi

Untuk mencapai tujuan dan manfaat koperasi, segala upaya dilakukan seperti penghimpunan dana, pencarian anggota, pembentukan berbagai jenis koperasi dan lain sebagainya. Modal koperasi didapatkan dari para anggotanya, untuk itu semakin banyak anggota sebuah koperasi maka akan semakin produktif koperasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *