Tugas Administrasi Negara
Tugas Karyawan

11 Tugas Administrasi Negara, Kualifikasi / Syarat dan Besar Gaji

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa menjadi seorang administrasi negara itu mempunyai pekerjaan yang berat karena cakupannya yang begitu luas. Tugas administrasi negara adalah bertanggung jawab dengan administrasi pemerintahan dan menyesuaikannya dengan undang-undang yang berlaku.

Administrasi negara sendiri didefinisikan sebagai suatu sistem entitas yang dibuat oleh undang-undang untuk melakukan manajemen internal dan eksternal negara serta kegiatan pemerintah dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada negara. Mau tahu lebih lanjut mengenai tugas dari administrasi negara? Coba cek apa saja tugasnya di bawah ini1

Tugas Administrasi Negara

Administrasi negara atau sering juga disebut sebagai administrasi publik adalah suatu bidang pekerjaan yang hadir di dalam lembaga pemerintah, namun tidak di bawah naungan kementerian tenaga kerja. Bidang pekerjaan ini dikelola dan diawasi langsung oleh presiden.

Sebagaimana diatur dalam Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 57 Tahun 2013, administrasi negara mempunyai tanggung jawab penuh untuk melaksanakan tugasnya yang berkaitan dengan pemerintahan. Tenaga administrasi negara sepenuhnya berperan mengatur segala urusan administrasi negara dengan menyesuaikan pada undang-undang yang berlaku.

Administrasi negara diangkat oleh Presiden baik secara langsung atau setelah pemilihan oleh DPR dan memiliki tanggung jawab konstitusional dan politik. Adapun ruang lingkup dari tugas yang dimiliki oleh staf administrasi negara sendiri adalah lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Sementara tugas utama staf administrasi negara sendiri adalah lebih kepada melakukan pembahasan tentang kebijakan nasional, kebijakan pada lingkup daerah, kebijakan pelayanan publik, dan apa yang menjadi tujuan negara.

Jadi, apabila diklasifikasikan berdasarkan tugas dasarnya, maka staf administrasi negara ini mengatur 2 hal pokok, yakni pemerintahan dan publik. Berikut adalah penjelasan mengenai tugas dari administrasi negara.

Tugas Pemerintahan

Untuk tugas pemerintahan, administrasi negara membantu segala urusan kepemerintahan seperti :

  • Menyusun beberapa kebijakan nasional
  • Mengkaji kebijakan reformasi administrasi
  • Membantu pembentukan kabinet negara Indonesia
  • Mengembangkan inovasi di bidang tata negara
  • Mengatur sistem dan hukum administrasi negara
  • Tugas Publik

Adapun untuk tugas publik, sudah bisa dipastikan bahwa staf administrasi negara mempunyai peran dalam melayani kebutuhan masyarakat, seperti :

  •  Menyediakan berbagai layanan kepada publik dan melayani kepentingan masyarakat
  • Menjamin keamanan dan perlindungan kehidupan masyarakat dengan mempertahankan hukum dan peraturan yang tepat
  • Turut mengembangkan kapasitas administrasi negara
  • Memberikan fasilitas dan membina kegiatan pemerintah di bidang administrasi
  • Menjamin penyelenggaraan pendidikan maupun pelatihan sumber daya aparatur negara berjalan dengan seefektif dan sebaik mungkin

Kemajuan ekonomi, budaya dan politik dalam masyarakat tergantung pada administrasi negara. Administrasi negara adalah alat pemerintah yang mengatur urusan eksternal negara. Menjaga pertahanan nasional adalah fungsi penting lainnya yang dilakukan oleh administrasi negara.

Di negara modern, peran dan ruang lingkup administrasi publik terus berkembang dan mencakup semuanya, baik itu lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Nah, jika semua tugas-tugas di atas bisa dilaksanakan dengan sebaik dan seefektif mungkin oleh administrasi negara, maka tujuan negara bisa terealisasi sesuai dengan harapan.

Kisaran Gaji dan Tunjangan Administrasi Negara

Menjadi bagian dari gaji administrasi negara sama halnya menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN adalah pegawai pemerintah yang sudah diangkat menjadi seorang pegawai tetap. Sudah bisa diperkirakan bukan bahwa gaji dan tunjangan dari administrasi negara pastinya sangat besar?

Sebagaimana dengan tugas administrasi negara yang juga besar, maka gaji dan tunjangan yang diberikan oleh administrasi negara tentunya sepadan dengan tugasnya.

Untuk gaji seorang administrasi negara sebenarnya sama dengan pekerja lainnya, yakni sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang berlaku di ibukota negara, yakni Rp 4.276.349.

Hanya saja yang membedakan adalah besaran tunjangan yang diberikan kepada administrasi negara. Berdasarkan Perpres Nomor 125 Tahun 2017, berikut adalah daftar tunjangan yang akan diberikan kepada ASN di bidang administrasi negara yang bisa dibilang sangatlah menggiurkan :

Kelas JabatanTunjangan Kinerja
1Rp. 2.531.250,00
2Rp. 2.708.250,00
3Rp. 2.898.000,00
4Rp. 2.985.000,00
5Rp. 3.134.250,00
6Rp. 3.510.400,00
7Rp. 3.915.950,00
8Rp. 4.595.150,00
9Rp. 5.079.200,00
10Rp. 5.979.200,00
11Rp. 8.757.600,00
12Rp. 9.896.000,00
13Rp. 10.936.000,00
14Rp. 17.064.000,00
15Rp. 19.280.000,00
16Rp. 27 .577.500,00
17Rp. 33.240.000,00

Besar sekali bukan tunjangan yang diberikan pemerintah untuk bekerja di bidang administrasi negara? Bekerja di bidang administrasi negara bisa menjadi jenjang karir yang sangat menjanjikan, apalagi jika sampai ke tahap kelas jabatan teratas.

Tunjangan di atas belum termasuk dengan fasilitas dan bonus lainnya seperti dana pensiun, tunjangan hari raya, uang penghormatan, dana untuk kesehatan dan masih banyak lagi. Tidak heran banyak orang yang sangat tertarik dengan bidang pekerjaan ini.

Kualifikasi Kerja Administrasi Negara

Bagi Anda yang sangat berminat bekerja menjadi seorang administrasi negara, maka syarat utamanya adalah Anda harus lulus di bidang yang erat relevansinya dengan administrasi negara. Adapun jurusan-jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang administrasi negara adalah :

  • Administrasi Publik
  • Sistem dan Hukum Administrasi Negara
  • Ilmu Administrasi Negara
  • Hukum Administrasi Negara
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Administrasi Keuangan dan Perbankan

Selain lulusan D3 atau S1 dari jurusan-jurusan di atas, Anda juga perlu memiliki kemampuan di bidang ini agar memudahkan Anda lolos tes seleksi wawancara Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti yang diketahui, untuk menjadi administrasi negara, maka Anda perlu melamar menjadi PNS dan tahapan seleksinya cukup panjang.

Mulai dari tahapan administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hingga ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Di tahapan akhir inilah, Anda perlu menonjolkan kemampuan Anda agar bisa diterima di pekerjaan ini. Berikut adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Administrator Negara :

Skill Kepemimpinan

Setiap pemimpin yang baik tahu bagaimana memotivasi orang secara efektif, mengeluarkan keterampilan terbaiknya dan bagaimana cara berkontribusi yang baik sebagai sebuah tim. Kepemimpinan adalah keterampilan yang sangat berharga, terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan posisi di bidang pemerintahan.

Keterampilan Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci untuk bisa menaklukkan pekerjaan ini. Anda akan menjadi seseorang yang unggul di bidang ini jika mempunyai keterampilan interpersonal yang baik.

Mempunyai Antusiasme dan Komitmen untuk Kebijakan Negara

Untuk berhasil meraih pekerjaan Anda di bidang administrasi negara, idealnya Anda harus memiliki minat yang besar di sektor ini.

Percaya Diri

Ada jutaan orang yang sangat ingin mendapat pekerjaan di sektor pemerintahan satu ini dan pekerjaan menjadi administrasi negara sangatlah kompetitif. Anda harus memiliki kepercayaan diri yang besar bahwa Anda layak diperhitungkan.

Keterampilan Manajemen Waktu

Anda harus menunjukkan bahwa Anda mampu untuk bekerja dengan tenggat waktu yang ketat. Seperti banyak karir yang menuntut banyak waktu, Anda juga harus bisa mengelola manajemen waktu dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Tugas Administrasi PLN

Tugas administrasi negara memang berat, namun jika Anda mempunyai minat di bidang ini, maka seberat apapun tugas itu, akan terasa ringan karena Anda menjalaninya dengan sepenuh hati. Banyaklah belajar untuk bisa menaklukkan tahapan seleksi menjadi bagian dari administrasi negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *