9 Tugas Marketing Executive, Kualifikasi dan Besar Gaji

Tugas Marketing Executive

Marketing Executive merupakan salah satu bagian pemasaran di sebuah perusahaan yang memegang peranan penting dalam divisi tersebut. Laju pendapatan perusahaan bisa ditentukan dari keberhasilan yang dicapai marketing executive. Hal ini karena salah satu tugas marketing executive adalah memastikan tercapainya target penjualan sesuai ketentuan perusahaan.

Daftar Tugas Marketing Executive

1. Memastikan Target Penjualan Bisa dicapai

Tugas pertama yang harus dikerjakan seorang marketing executive adalah memastikan pencapaian target penjualan terpenuhi sesuai ketentuan dari pihak atasan.

Maju mundurnya perusahaan tergantung dari kinerja pemasaran karena semakin banyak produk terjual, maka perusahaan akan mendapatkan untung besar.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam mencapai target penjualan misalnya saja strategi promosi, riset pasar hingga membangun kepercayaan konsumen. setiap cara harus diupayakan semaksimal mungkin.

Anda juga tidak boleh menyerah jika mengalami kegagalan, tetapi harus menggunakan cara alternatif yang lebih efisien dan diterima konsumen.

2. Mengadakan Promosi Produk Secara Aktif

Mengadakan Promosi Produk Secara Aktif

Pengadaan promosi wajib dilakukan oleh divisi pemasaran, khususnya marketing executive. Kegiatan promosi yang dilakukan secara rutin dan tepat sasaran, mampu membangun kepercayaan konsumen untuk terus membeli dan menggunakan produk perusahaan Anda. Promosi ini juga cara untuk menjalin relasi yang baik antara perusahaan dan konsumen.

Kegiatan promosi produk selayaknya dilakukan di waktu yang tepat untuk mendapatkan feedback yang diharapkan. Selain itu, gunakan berbagai platform media sosial dengan tampilan menarik sehingga perhatian konsumen tertuju pada produk Anda.

3. Memasarkan Produk Kepada Konsumen Sesuai Segmen Pasar yang dituju

Target penjualan akan terpenuhi jika Anda melakukan pemasaran produk sesuai segmen pasar yang tepat. Jika Anda menjual barang dengan harga mahal, maka pastikan kegiatan pemasaran juga dilakukan pada konsumen kelas menengah atas. Begitu pula sebaliknya, jika segmen pasarnya menengah ke bawah, produk yang dijual tentu saja memiliki harga murah.

Cara memasarkan produk yang unik, kreatif dan khas akan membuat konsumen mengingat dan tertarik untuk membeli. Lakukan metode pemasaran secara konvensional maupun digital dengan menggunakan platform e-commerce dan media sosial.

4. Memberikan Informasi yang Konkrit dan Relevan sebagai Upaya Pengenalan Produk

Setiap informasi yang terkandung pada konten promosi produk harus benar-benar konkrit dan komplit. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam memahami produk yang dijual perusahaan Anda. Pastikan pula jika isi dalam konten yang tersaji sudah relevan (baik tulisan dan gambarnya) sesuai kebutuhan pasar.

5. Merancang Program dan Strategi Pemasaran Sebagus Mungkin Hingga Tepat Sasaran

Merancang Program dan Strategi Pemasaran Sebagus Mungkin Hingga Tepat Sasaran

Tugas lainnya adalah membuat rancangan strategi dan program-program pemasaran yang akan diadakan pada setiap periodenya. Usahakan untuk membuat strategi yang fresh dan kekinian sesuai kemajuan era digital yang semakin menggila.

Program promosi yang dilakukan juga harus kreatif dan berbeda-beda di setiap momen. Jika menggunakan program yang sama, tentu saja para konsumen merasa bosan dan tidak cukup tertarik dengan produk perusahaan Anda.

6. Melakukan Riset Pasar Termasuk Pesaing dengan Produk Sama

Riset pasar wajib dilakukan oleh marketing executive karena sebagai referensi dalam membuat kebijakan pemasaran dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

Riset pasar meliputi seberapa besar animo masyarakat terhadap produk, kesesuaian harga dan kemampuan finansial, hingga ketepatan strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Tidak hanya berhenti di situ saja, Anda perlu mengetahui proses pemasaran dari perusahaan pesaing dengan produk jualan yang sama. Anda harus tetap mempelajarinya untuk evaluasi dan pengembangan pemasaran di waktu selanjutnya. Melakukan riset pesaing ini harus dilakukan secara sehat tanpa ada kecurangan.

7. Mencari Calon Konsumen Baru Sebanyak Mungkin

Untuk memperluas dan memperkuat branding, Anda harus mencari calon konsumen baru yang membutuhkan produk Anda. Ketika Anda mampu memperluas jangkauan pasar dan konsumen, maka kinerja Anda bisa dikatakan sukses dan sesuai target. Guna mencapai terpenuhinya tugas ini, kerjasama tim merupakan kunci utamanya.

Ketika Anda memahami semua tugas dari atasan dan mengkoordinasikannya dengan seluruh bagian pemasaran dengan tepat, maka proses pemasaran dan penjualan bisa berjalan lancar. Lakukan evaluasi rutin dan fokus pada pengembangan minat konsumen baru dalam jangka waktu yang ditentukan.

8. Bernegosiasi dengan Konsumen

Negosiasi tidak hanya dilakukan oleh para sales produk dari sebuah perusahaan, tetapi sebagai marketing executive juga perlu melakukan negosiasi kepada konsumennya.

Anda tidak hanya bekerja di kantor, tetapi kadang kala harus melihat sendiri kondisi pasar dan melakukan negosiasi. Bukan hanya itu, kemampuan persuasif yang dimiliki bisa jadi modal yang cukup menguntungkan.

Saat melakukan promosi, kata-kata yang ringan dan bersifat persuasif akan membuat konsumen lebih tertarik dan ingin memiliki produk yang Anda tawarkan.

Buatlah konsumen nyaman saat berkomunikasi dengan Anda. Pastikan pula menggunakan kalimat yang sopan dan selalu bersikap ramah kepada setiap konsumen.

9. Menjaga Nama Perusahaan di Semua Mitra

Menjaga Nama Perusahaan di Semua Mitra

Tugas marketing executive yang tidak kalah penting adalah menjaga nama perusahaan di mata para mitra tetap baik dan kredibel. Anda merupakan orang yang paling banyak berinteraksi dengan dunia luar. Dalam hal ini dibutuhkan sikap yang bijaksana, berperilaku baik dan sopan santun dengan para mitra perusahaan.

Kisaran Gaji Profesi Marketing Executive

Gaji yang diberikan perusahaan kepada marketing executive sangatlah beragam. Besaran gaji didasarkan pada beberapa hal seperti lokasi perusahaan, pengalaman kerja, kondisi perusahaan, skala perusahaan (besar, menengah, nasional, multinasional), UMK wilayah hingga latar belakang pendidikan. Berikut rincian kisaran gaji berdasarkan skala perusahaan:

  1. Perusahaan menengah: Rp2.500.000,- hingga Rp5.000.000,- per bulan
  2. Perusahaan besar: Rp3.000.000,- hingga Rp7.000.000,- per bulan
  3. Perusahaan nasional: Rp5.000.000,- hingga Rp10.000.000,- per bulan
  4. Perusahaan multinasional: Rp40.000.000,- hingga Rp60.000.000,- per bulan

Rincian gaji diatas pada bagian perusahaan multinasional bisa menembus angka Rp60.000.000,- per bulan. Sangat menggiurkan bukan? Jika Anda ingin menjadi bagian dari perusahaan multinasional, tentu saja tugas marketing executive di perusahaan ini jauh lebih banyak dan kualifikasi yang diberikan lebih detail lagi.

Persyaratan Kerja / Kualifikasi Marketing Executive

Syarat Umum Administrasi

  • Terbuka untuk pria dan wanita
  • Pendidikan terakhir SMA/SMK/Sederajat untuk skala menengah dan D3/S1 untuk nasional dan multinasional.
  • Penguasaan komunikasi interpersonal
  • Mampu mencapai target
  • Bisa bekerja individu dan tim
  • Bersikap jujur
  • Memiliki penampilan menarik

Kualifikasi Marketing Executive

  • Komunikasi interpersonal
  • Penguasaan Public speaking
  • Memahami teknologi Savvy
  • Penguasaan Copywriting
  • Teliti dan detail
  • Kreatif dan inovatif
  • Jago bernegosiasi dan persuasif
  • Pengelolaan stress yang baik

Bidang pemasaran terdiri dari berbagai jabatan, salah satunya marketing executive. Pekerjaan ini sangat cocok untuk individu yang menyukai sosialisasi dan kemampuan komunikasi yang handal.

Baca juga: Tugas Administrasi Radiologi

Jika Anda memilih profesi ini, persiapkan semua persyaratannya secara lengkap. Pelajari pula apa saja tugas marketing executive secara detail dan komplit agar bisa menjelaskannya ketika sesi wawancara.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *